Reomit Indonesia Hobby membaca dan manulis, sesekali main game MOBA sama temen meskipun sering dianggap bacot. Yang penting Heppi :)

Kumpulan meme Ospek dan MOS, koplak bikin ngakak

1 min read

Mengenakan atribut aneh-aneh, membawa barang yang susah dicari atau dibeli, dan terkesan seperti dagelan kelas rendah. Begitulah gambaran pelaksanaan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek) atau MOS (Masa Orientasi Sekolah) seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi siswa dan mahasiswa baru.

Hasil gambar untuk meme mos lucu

Bukan tanpa alasan karena dalam ajang tersebut, selain disuruh membawa barang dan melaksanakan tugas tertentu, para mahasiswa maupun siswa baru juga beberapa kali sempat mengalami perlakuan tidak menyenangkan dari para seniornya dalam ajang tahunan tersebut.

Beberapa kasus kekerasan selalu terkuak setiap tahun. Contohnya kasus di mana dialami seorang mahasiswa baru jurusan Planologi ITN Malang Fikri Dolasmantya Surya meninggal dunia saat mengikuti kegiatan Ospek pada Oktober 2013. Pada 2011 pun pernah ada kejadian serupa di Universitas Hasanuddin. Mahasiswa baru bernama Awaludin tewas.

Hasil gambar untuk meme mos lucu

Tidak hanya di ranah perguruan tinggi, perpeloncoan maupun hal-hal aneh yang kerap diperintahkan para senior menyambut junior barunya juga terjadi di sekolah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pun telah melarang tindakan kekerasan dan pemakaian atribut yang tidak berhubungan dengan mendidik harus dihapuskan.

Pemerintah sepertinya juga tidak main-main dalam memberantas perpeloncoan dalam Ospek maupun MOS. Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir dalam acara halalbihalal Partai Kebangkitan Bangsa Ciganjur, Minggu, 26 Juli 2015 menyatakan ketegasannya terkait hal tersebut.

Bila masih ada Ospek dengan tindakan perpeloncoan, Nasir tidak segan-segan untuk memberikan tindakan. Bila mahasiswa senior melakukan perpeloncoan, rektor kampus itu akan memberikan hukum.

“Bila perpeloncoan dilakukan atas perintah rektor, rektor akan kami beri sanksi karena indisipliner,” kata Nasir.

Bahkan,Dinas Pendidikan DKI Jakarta pun telah menyebarkan Surat Edaran kepada seluruh sekolah di DKI Jakarta terkait penyelenggaraan Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) Tahun Ajaran 2015/2016.

Salah satu poin dalam surat edaran tersebut menyebutkan bahwa pihak sekolah tidak diizinkan untuk meminta siswa menggunakan atribut maupun aksesoris yang berlebihan, tidak pantas, maupun tidak mendidik. Kekerasan juga dilarang saat pelaksanaan Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB).

Jika terbukti ada tindak kekerasan, siswa, guru dan kepala sekolah akan mendapatkan sanksi tegas.

 

Reomit Indonesia Hobby membaca dan manulis, sesekali main game MOBA sama temen meskipun sering dianggap bacot. Yang penting Heppi :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *