Reomit Indonesia Hobby membaca dan manulis, sesekali main game MOBA sama temen meskipun sering dianggap bacot. Yang penting Heppi :)

11 Batu akik termahal di dunia, harganya fantastis

2 min read

Batu akik semakin naik daun. Semakin batu akik tersebut langka, maka harganya pun akan semakin mahal. Berikut ini 11 batu akik termahal di dunia karena langka dan susah ditemukan. Batu akik ini biasanya diburu untuk cincin, liontin dan aksesoris lain. Sebagai batu akik termahal di dunia, maka batu akik kini tergolong barang mewah.  Jangan kaget, harga satu batu akik bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Apa saja 11 batu akik termahal di dunia itu?

Batu akik Jadeite – US$3 juta/karat

Hasil gambar untuk Batu akik Jadeite

JadeiteInilah batu akik paling langka, sekaligus paling mahal. Dulu ia hanya bisa ditemukan di Guatemala, namun sekarang sudah ada yang menjualnya di California. Biasanya berwarna hijau, putih atau keabu-abuan. Rekor harga tertinggi yang pernah dipecahkan untuk kalung berhias untaian 27 jadeite berdiameter 5mm adalah sebesar 9,3 juta dolar AS. Rekor ini dipecahkan pada November 1997 di Christie’s Hong Kong Sale.

Batu akik Berlian Merah – US$2,5 juta/karat

Hasil gambar untuk Batu akik Berlian Merah

Sangat sedikit berlian merah yang pernah ditemukan, dan sedikit pula orang yang pernah melihatnya. Batu ini berwarna merah keunguan, dan menjadi jenis berlian termahal. Berlian merah terbesar dan terbaik biasanya akan dilelang setiap dua tahun sekali, dan akan terjual seharga jutaan dolar.

Batu akik Serendibite – US$2 juta/karat

Hasil gambar untuk Batu akik Serendibite

Batu akik langka ini hanya bisa didapatkan di Srilanka. Hingga sekarang hanya ada 3 serendibite yang pernah dipotong, sebesar 0,35 karat, 0,55 karat dan 0,56 karat. Untuk yang paling kecil tadi saja terjual sebesar US$14.300 per karat.

Batu akik Garnet– US$1,5 juta/karat

Hasil gambar untuk Batu akik Garnet

Jenis batu akik ini banyak ditemukan dalam berbagai warna, di antaranya merah, oranye, kuning, ungu, coklat, hitam, dan pink. Yang paling langka adalah yang berwarna biru, terakhir ditemukan tahun 1990 di Madagaskar. Ia bisa berubah warna, dari biru kehijauan di siang hari menjadi bersinar keunguan di malam hari. Rekornya adalah, garnet biru 4,2 karat terjual US$6,8 juta pada 2003.

Batu akik Painite – US$60.000/karat

Hasil gambar untuk Batu akik Painite

Batu ini dipercaya merupakan mineral paling langka di bumi. Painite pertama kali ditemukan di Myanmar pada tahun 1950 oleh Arthur Pain. Selama bertahun-tahun, hanya ada 3 painite kecil yang pernah ditemukan.

Batu akik Grandidierite – US$50.000/0,5 karat

Hasil gambar untuk Batu akik Grandidierite

Batu mineral kebiruan ini pertama kali ditemukan di Madagaskar. Ia bisa memantulkan tiga warna, yakni biru, hijau dan putih. Ia dinamai sesuai dengan penemunya, yaitu sejarawan alam Alfred Grandidier.

Batu akik Musgravite – US$35.000/karat

Hasil gambar untuk Batu akik Musgravite

Ini merupakan salah satu batu akik paling langka, dan ditemukan baru-baru ini. Ia pertama kali ditemukan di Musgrave, Australia, maka dinamakan Musgravite. Ia juga ditemukan di Greenland dan Madagaskar. Dua butir musgravite yang telah digosok pertama kali berasal dari Sri Lanka, yakni pada 1993.

Batu akik Pink Star Diamond

Hasil gambar untuk Batu akik Pink Star Diamond

Batu berlian memang dikenal sebagai rajanya batu permata, harganya pun masih selalu tertinggi dibandingkan dengan batuan mulia lainnya. Salah satu jenis berlian termahal adalah Pink Star Diamond

Harga batu Pink Star Diamond ini bisa mencapai US$ 83 juta (sekitar Rp 998 miliar) atau 16 milyar/karat, namun masih kalah dengan Berlian Hope yang terjual US$250 Juta. Pink Star Diamond pertama kali ditemukan si Afrika selatan pada tahun 1999 lalu dan masuk jajaran permata termahal dan langka di dunia

Batu akik Alexandrite

Hasil gambar untuk Batu akik Alexandrite

Sama halnya dengan batu Tanzanite. Alexandrite tidak begitu dikenal di Indonesia, dibandingkan mengenal batu cempaka madu yang memiliki warna sama-sama kuning. Namun batu ini termasuk dalam jajaran batu mulia langka sehingga banyak dicari kolektor.

Harga batu yang diambil dari nama Tsar Alexander II Rusia ini terbilang mahal atau kisaran US$ 12.000 atau sekitar Rp. 144 juta/karat. Batu Alexandrite banyak ditemukan di Afrika Timur, Brasil dan Sri Lanka dengan jumlah yang sangat terbatas.

Sehingga membuat batu ini menjadi incaran dan termasuk batu paling dicari kalangan kolektor. Kelangkaan pada pada batu akan membat harganya semakin mahal. Karakter batu hampir sama dengan Tanzanite yang bisa mengalami perubahan warna dari warna merah ke hijau atau sebaliknya dari hijau ke merah dan seterusnya.

Batu akik Blak Opal (Kalimaya)

Hasil gambar untuk Batu akik Black Opal (Kalimaya)

Di Indonesia batu opal dikenal dengan sebutan kalimaya. Jenis batu kalimaya atau opal juga bermacam-macam termasuk jenis black opal yang dikenal sangat mahal dan langka dipasaran .

Penghasil black opal terbesar di dunia adalah Australia. Bahkan pertambangan batu mulia di Lightning Ridge, New South Wales konon sudah ada sejak ratusan tahun lalu, hingga saat ini. Karena batu ini sebagian besar berasal dari Australia maka black opal ini sering disebut batu nasional Australia.

Harga batu black opal mencapai $2.500/karat atau sekitar Rp. 27 Juta rupia perkarat. Harga ini biasa saja naik sesuai kualitas batu

Batu akik Blue Tanzanite

Hasil gambar untuk Batu akik Blue Tanzanite

Batu mulia ini di Indonesia memang tidak begitu dikenal dibandingkan batu bacan atau batu lavender termasuk jenis batu lainnya yang selama ini sudah banyak beredar di pasaran lokal dengan harga terjangkau. Disamping jenis permata ini cukup mahal dan langka Tanzanite hanya ditemukan di pertambangan Tanzania

Namun keindahan dan keunikan batu ini jarang dimiliki jenis batuan mulia yang selama ini banyak bereadar di pasaran internasional walaupun harganya juga lebih terjangkau dibanding batu berlian hope yang berharharga ratusan juta dollar perkarat. Tanzanite bisa dibeli dengan harga $1000/karat (Rp. 12 Juta)

Keunikan batu ini bisa berubah warna dari biru kekuning, begitu juga sebaliknya. Kalau di Indonesia keunikan semacam itu biasa ditemukan pada batu lavender batu raja yang juga berubah warna walaupun tidak seperti karakter yang terdapat pada tanzanite

Reomit Indonesia Hobby membaca dan manulis, sesekali main game MOBA sama temen meskipun sering dianggap bacot. Yang penting Heppi :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *